Tuesday, August 27, 2019

Manfaat akupuntur medis

Liputan6.com, Jakarta Pengobatan akupunktur telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun lalu untuk mengobati macam penyakit dan gejala. Konsep akupuntur telah berkembang dari konsep tradisional klasik menjadi konsep akupuntur medik yang diterapkan berdasarkan kaidah kedokteran konvensional.

Secara harfiah, akupunktur adalah suatu tindakan medis dengan memasukkan jarum halus untuk menstimulasi “titik akupunktur” tubuh. Pengobatan akupunktur bermanfaat untuk memulihkan kesehatan dan kebugaran, melancarkan sirkulasi darah dan metabolisme tubuh.

Sejumlah penelitian di bidang kedokteran membuktikan efektivitas akupunktur dalam mengobati berbagai macam penyakit. Melalui berbagai macam penelitian dan uji klinis, World Health Organization (WHO) telah mengakui dan merekomendasikan untuk mengintegrasikan pelayanan akupunktur ke dalam Sistem Kesehatan Nasional masing-masing negara, termasuk di Indonesia. Akupunktur terbukti sangat efektif dalam mengatasi berbagai macam penyakit, khususnya dalam mengurangi dan mengobati nyeri.

Beberapa manfaat dan penyakit yang dapat diterapi dengan akupunktur.

- Memperbaiki sirkulasi darah dan metabolisme tubuh

- Meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh

- Membantu mengurangi nyeri, seperti nyeri kepala, migrain, nyeri punggung-pinggang, nyeri leher bahu, nyeri lulut, arthritis/radang sendi

- Gangguan pencernaan, nyeri lambung, mual, muntah

- Gangguan hormonal

- Gangguan pernapasan, asma, batuk, flu

- Gangguan saraf, rehabilitasi penderita pasca stroke.

Amankah tindakan akupunktur?

dr. Yovita Wijaya, Akp menjelaskan bahwa akupunktur sangat aman dengan efek samping yang minimal sekali apabila dilakukan oleh dokter atau tenaga kesehatan terlatih. Metode terapi akupunktur tanpa menggunakan obat-obatan juga terbukti efektif dalam mengobati berbagai macam penyakit, khususnya dalam mengurangi rasa nyeri. 

"Tindakan akupuntur dengan menggunakan jarum steril sekali pakai sehingga mencegah penularan penyakit infeksi antar pasien. Akupunktur aman untuk segala usia termasuk pada anak-anak," jelas dr. Yovita Wijaya, Akp

Semakin banyaknya klinik dan praktisi kesehatan yang menawarkan terapi akupuntur menjadi bukti bahwa akupunktur mulai banyak digemari oleh semua kalangan, baik usia tua, muda maupun anak-anak sebagai salah satu pengobatan pilihan.

1 comment:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete