Thursday, November 28, 2019

akupuntur vs botox

Akupuntur Wajah Lebih Aman dari Botox

Aprilia Safitri, CNN Indonesia
Senin, 12/03/2018 08:58
Akupuntur Wajah Lebih Aman dari Botox
Teknik akupuntur di wajah dapat membuat kulit tampak lebih muda (Foto: CNN)

Jakarta, CNN Indonesia -- Teknik akupuntur menggunakan jarum telah lama dikenal oleh masyarakat sejak berabad-abad yang lalu di negeri Tiongkok. Akupuntur dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit pada manusia mulai dari sakit punggung, sakit kepala atau bahkan masalah pada perut.

Biasanya jarum yang digunakan ditusuk ke beberapa titik tubuh, untuk menstimulasi otot atau saraf tertentu. Namun, belakangan teknik tersebut mulai digunakan untuk perawatan wajah.

Dilansir dari Healthline, ahli akupuntur dan pendiri Klinik Peremajaan Holistik SKN, Amanda Beisel mengatakan teknik akupuntur pada wajah justru terbukti lebih aman dibandingkan operasi atau botox. "Akupuntur bekerja secara internal dan alami untuk mengoptimalkan kesehatan sekaligus menunjang penampilan kulit," katanya.


Dengan teknik akupuntur pada wajah dapat membuat kulit tampak lebih muda, lebih halus dan lebih terlihat sehat.


Aman jika tekniknya benar


Akupuntur tidak boleh dilakukan satu bagian saja, terutama untuk wajah. Beisel menganjurkan, jika hendak melakukan akupuntur pada wajah sebaiknya lakukan terlebih dahulu pada seluruh tubuh.

"Kalau hanya memasang jarum pada wajah saja jutsru dapat mengakibatkan kemacetan pada aliran darah. Pasien dapat mengalami sakit kepala dan kulit yang makin terlihat kusam," jelasnya. Lain hal jika teknik ini dimulai dari tubuh terlebih dahulu, justru dapat membuat energi di dalam tubuh mengalir lancar dan dapat membantu meunjang akupuntur pada wajah.

Ahli akupuntur akan menusukan jarum kecil sebanyak 40-70 jarum tanpa pasien merasa sakit sedikitpun. Setelah jarum menusuk kulit, maka jarum akan menciptakan luka pada pembuluh darah yang disebut mikrotraum positif. Bila tubuh merasakan luka ini, maka tubuh secara otomatis akan melakukan proses regenerasi dan perbaikan jaringan yang rusak.

Tusukan jarum tersebut juga akan merangsang sistem limfatik dan peredaran darah, sehingga oksigen dan nutrisi akan mengalir ke lapisan kulit. Proses ini akan membuat kulit tampak lebih bercahaya, merangsang produksi kolagen, memperbaiki elastisitas kulit serta meminimalisir garis-garis halus dan keriput.

Hasilnya tidak instan


Menurut Beisel, manfaat utama yang di dapat usai melakukan teknik ini adalah kulit yang cerah. "Seolah kulitnya terbangun dari tidur nyenyak. Sebab, darah segar dan oksigen mengalir lancar ke bagian wajah dan menghidupkannya kembali," katanya.

Tapi tidak seperti botox, hasil yang di dapat dari akupuntur wajah tidak bisa instan. Bahkan butuh waktu berminggu-minggu untuk menikmati hasilnya.

"Fokus utama dari teknik ini adalah untuk menciptakan perubahan dalam jangka panjang pada kesehatan kulit dan tubuh. Teknik akupuntur secara psikologis juga bisa mengurangi kecemasan dan ketegangan saat menghadapi sesuatu," tambah Beisel.

Ia juga menyarankan agar melakukan teknik akupuntur wajah dan tubuh dalam 10 kali perawatan minimal satu minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal. Setelahnya, pasien baru dirujuk pada tahap perawatan setiap empat hingga delapan minggu sekali.

Namun, jika hal tersebut sulit dilakukan karena membutuhkan banyak waktu Beisel juga menyarankan cara lain untuk tetap membantu merawat kulit dengan diet seimbang dan menjaga asupan makanan.

"Penting untuk menghindari gula, alkohol, dan makanan olahan. Usahakan agar kulit terhidrasi dengan baik agar tetap sehat dan optimal," jelasnya.

Efek samping dari akupuntur


Kemungkinan tubuh pasien akan mengalami memar setelah melakukan teknik perawatan akupuntur. Namun, Beisel mengungkapkan hanya sekitar 20 persen orang yang mengalami hal tersebut. Jika pasien mengalami memar pun akan sembuh dengan cepat.

Untuk menghindari memar, pasien yang hendak akupuntur harus dalam keadaan sehat agar kemampuan penyembuhannya berjalan maksimal. Oleh karenanya, orang dengan gangguan perdarahan atau diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol sebaiknya tidak menjalankan pengobatan ini.
 (aps)

2 comments:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete